Menunda Itu Masalah

Menunda Itu Masalah

“Jakarta-bekasi ! kami yang kini lagi terbaring antara Jakarta-Bekasi tidak bisa….”

Huh sial banget sih gue malem ini. Baru aja pengen ngerjain tugas karangan gue, udah diganggu ama teriakan sember ade gua di luar sana. Keterlaluan emang ! Gue lempar pulpen yang lagi dipegang dengan kesal. Gue keluar nyamperin Excel (nama ade gue). Dia lagi asyik berdiri diatas kursi sambil baca puisi kenceng banget.

“ Heh ! Lo gak bisa baca puisi pelan-pelan apa? “ketus gue kesal. Gue kan lagi belajar ! “ Mana ada baca puisi bisik-bisik suara pelan, emangnya baca komik apa? Balik excel ‘ Dia gak peduli, malah dilanjutin lagi baca puisinya.

“ Bentar aja smape gue selesai buat tugas ngarangnya.”

“ Gak mau ! “

“ Atau puisi lo mau gue robek? “

“ Ester ! “

Gue nengok kesamping nyokap keluar dari kamarnya. Huh kalau udah kaya gini gue juga gak bisa berkutik.

“ Biarkan adenya berlatih. Besok gurunya mau ambil nilai praktik baca puisi. “ Tegur nyokap.

“ Tapi Ester juga mesti nyelesein tugas mengarang buat dikumpulin besok.”

“ Ah, Mengarang aja susah banget. Kamu kan sudah jago, Lagi pula masa sama suara kaya gitu aja kamu terganggu se ? Gue aja gak pernah ngerasa keganggu tiap lo nyanyi teriak-teriak kaya orang kesurupan !” Sahut Excel sengit.

Gue tinggalin excel sama nyokap gue tanpa ngomong apa-apa lagi. Gak lama kemudian kedengeran lagi suara sumber si Excel.

Di dalam kamar gue corat-coret dikertas buat ngarang. Rasanaya kesel banget, Gimana bisa gue ngerjain tugas dari Bu Fatma. Mengarangkan perlu suasana tenang ?

Gue gak bakalan bisa maenin imajinasi gue kalau suasananya bising banget. Tapi tetap harus gue kerjain tugas ngarangnya, daripada besok gue gak ngumpulin tugas. Semoga aja Bu Fatma gak bakalan tau.

Segera gue cari koleksi majalah lama. Gue pilih satu karangan di majalah terbitan terlama. Segera gue salin karangan itu.

Rabu pagi di kelas, gue langsung ngumpulin tugas Bu Fatma. Tadi sebelum bel masuk berbunyi, sama sekali gue gak ngijinin satu orang pun buat baca tugas gue. Soalnya gue gak mau diantara mereka ada yang tau kalau tugas gue cuma jiplakan. Bisa-bisa gue diejek abis-abisan sama temen-temen sekelas. Soalnya yang mereka tau gue ini jago banget ngarang, sering ngisi majalah dinding sekolah.

 

Bu Fatma pernah baca karangan yang gue  jiplak itu.

“ Mukamu pucat Ester, Sakit ? “ tanya Doni temen sebangku gue.

“ Ah gue sehat kok.” Tiba-tiba Bu Fatma memanggil gue ke ruang guru dan gue pun panik setengah mati, Ternyata Bu Fatma suka sama tulisan gue.

“ Ester, tulisan bagus sekali, Kamu mau kan jadi perwakilan sekolah untuk berlomba mengarang ?

“ Mampus ! “ Dalam hati gue.

Akhirnya terpaksa gue harus jujur.

“ Maaf bu itu bukan tulisan saya.”

“ Lalu itu tulisan siapa ?” tanya Bu Fatma heran.

“ I…itu hasil jiplakan bu !” jawab gue dengan nada rendah.

“ Apa ? Kamu selama ini ibu kenal sebagai anak yang pandai mengarang.

“ Bagaimana bisa ?

“ Apa jangan-jangan tulisan dimading hasil jiplakan juga ?”

“ Engga Bu, Itu hasil saya Bu, Hanya kemarin saya tidak bisa konsenterasi bu.

Akhirnya ester menjelaskan kepada Bu Fatma. Dan Bu Fatma memaafkan ester dengan satu syarat. Syaratnya yaitu Ester harus membuat tulisan yang lebih bagus lagi, Dan Ester pun menyanggupinya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: